Ketidaksengajaan Berbuah Cinta



Ilustrasi (Foto : Okezone)

MASA SMA merupakan masa yang sulit dilupakan. Persiapan mendapatkan predikat lulus SMA dan status mahasiswa harus diperjuangkan dalam waktu yang sama. Konsentrasi dan manajemen waktu pun menjadi sebuah rutinitas yang harus terus dijaga semangatnya. Jenuh merupakan hal yang lumrah dirasakan siswa kelas 3 SMA. Keinginan mendapatkan perguruan tinggi dengan kualitas terbaik perlu banyak pengorbanan lebih yang dilakukan, misalnya Universitas Indonesia (UI).

Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan terbaik di Indonesia. Kualitas lulusan yang tidak diragukan dan berbagai fasilitas terbaik menjadi daya tarik siswa SMA untuk melanjutkan pendidikan. Ibarat sebuah pepatah yang mengatakan tidak semudah membalikkan tangan, begitulah UI yang harus melibatkan persaingan semua siswa di Indonesia. Dari ribuan siswa yang mendaftar, hanya sekitar 10 persen siswa yang diterima di perguruan tinggi ini. Bagi mereka yang diterima di perguruan ini mungkin sangat senang. Lalu bagaimana mereka yang tidak diterima? Tentu kecewa.

Universitas Indonesia mungkin menjadi salah satu universitas yang sering mengecewakan siswa SMA. Jangan bersedih, karena ini bukan akhir dari dunia pendidikan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk berprestasi.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah belajar mencintai jurusan yang dipilih bukan dari universitasnya. Lihat peluang yang dapat diciptakan dan aktif dalam setiap sesi perkuliahan maupun keorganisasian merupakan kunci untuk mudah beradaptasi. Selanjutnya, temukan hal unik yang tidak dimiliki jurusan lain di universitas lain. Ubah sudut pandang dari setiap opini yang kita lakukan. Percayalah, itu akan membuat kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Jika kita sudah memiliki rasa percaya diri dan beradaptasi dengan dunia yang baru, maka secara otomatis benih cinta pun akan tumbuh. Jika cinta sudah menjadi landasan dalam beraktivitas, maka prestasi dan semua cita lainnya pun dapat dengan mudah diraih.

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2013/02/23/367/766525/ketidaksengajaan-berbuah-cinta

Comments