Mobil dengan Teknologi Modern di 2013



(Lampost.co): Kemajuan teknologi diaplikasikan dalam berbagai hal, termasuk pada mobil. Produsen otomotif kini gencar mengeluarkan inovasi terbaiknya, termasuk menyiapkan tren terbaru 2013.

Aspek kenyamanan, keamanan, keindahan, kecanggihan, berikut ramah lingkungan, diusung oleh berbagai mobil keluaran teranyar beberapa diler, salah satunya Mazda. Di 2013 mendatang, Mazda mengarah pada mobil yang berteknologi lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Branch Manager Diler Mazda Kedaton Bandar Lampung Benny Sugiono menjelaskan produk dengan skyactiv technology, yang diaplikasikan di Mazda CX-5, akan dijagokan. Teknologi ini memiliki 4 bagian, yaitu skyaktiv engine, sasis, transmisi, dan bodi. Pada skyactiv engine, mesin direct-injection generasi terbaru dengan efisiensi tinggi yang memiliki berbagai keuntungan, salah satunya kompresi tertinggi untuk mobil umum.

Skyactiv engine lebih irit bahan bakar sebesar 15% dibandingkan tipikal mesin 2.000 cc port fuel injection. Selain itu, output torsi 15% lebih kuat dan 15% emisi karbondioksida yang lebih rendah. “Pada teknologi skyactiv, perpindahan gigi lebih halus dan cepat, serta permulaan akselerasi yang halus,” ujar Benny.

Sementara keunggulan skyactiv body adalah rangka mobil yang 30% lebih kokoh tapi 8% lebih ringan. Hal ini mendatangkan beberapa keuntungan, yaitu peningkatan kualitas pada stabilitas kemudi dan kenyamanan berkendara. “Terjadi pengurangan berat yang berdampak pada penghematan BBM,” kata Benny.

Walaupun ringan, rangka tersebut telah teruji ketahanannya karena telah mengikuti evaluasi keamanan benturan yang tinggi oleh standar NCAP, badan keselamatan mobil Eropa. “Dengan teknologi skyactiv body, si pengendara dan penumpang lebih aman,” kata Benny.

Sementara itu, teknologi skyactiv chassis, mampu menambah kegesitan mobil pada kecepatan rendah dan sedang sekaligus stabil dalam kecepatan tinggi. “Sasis dengan desain suspensi yang inovatif dan struktur yang 14% lebih ringan, menciptakan kesatuan antara mobil dan pengemudi,” kata Benny.

Teknologi Tinggi
Lain lagi dengan teknologi terbaru yang diunggulkan mobil Suzuki. Mobil terbaru keluaran Suzuki, New Swift, kini mesinnya bisa dihidupkan hanya dengan menekan satu tombol engine start. Sales Diler Suzuki Persada Lampung Raya Huda menjelaskan tahun depan Suzuki mengeluarkan produk yang lebih maju.

Pada New Swift, konsumen tidak memerlukan kunci kontak sehingga lebih praktis. Tombol tersebut terletak di sebelah kanan setir kemudi. “New Swift tergolong istimewa karena tidak semua produk mobil memakai engine start,” ujar Huda.

Yang lebih menarik, New Swift yang baru keluar belum sampai sebulan itu menerapkan teknologi keyless entry system. Untuk membuka dan menutup pintu mobil tidak perlu menggunakan kunci. “Kunci cukup dikantongi saja, tidak perlu mengaktifkan remote karena ada sistem sensor yang bisa langsung membuka dan mengunci pintu,” kata Huda.

Ia menjelaskan untuk membuka pintu mobil, cukup dengan menggenggam kunci di tangan kiri dan tangan kanan memegang kemudi, kemudian pintu mobil akan terbuka.
“Sistem ini bisa dipakai bahkan sampai jarak 500 meter dari mobil,” kata dia. New Swift juga memakai teknologi Eco K14 B, sama seperti Ertiga.

Didukung dengan cc yang lebih kecil dari sebelumnya, yaitu 1.400 cc, bukan berarti New Swift memiliki daya yang lebih rendah. Penurunan cc tersebut hanya untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. “Efisiensi mesin ditingkatkan dengan mengurangi gesekan secara menyeluruh untuk menghasilkan output dan torsi tingggi,” kata Huda. Teknologi Eco K14 B juga telah teruji ramah lingkungan.

Huda juga menyebutkan alasan penurunan cc tersebut, yaitu antisipasi aturan pemerintah yang melarang mobil dengan cc di atas 1.500 menggunakan premium. “Kalau 1.400 cc kan masih bisa pakai premium,” kata dia.
Walaupun saat ini peraturan tersebut belum diterapkan, Suzuki telah menyediakan pilihan mobil dengan cc di bawah 1.500 bagi pencinta otomotif sporty dan efisien.

Konsep mobil idaman nan modern kini semakin nyata dan sudah terakomodasi melalui pengembangan teknologi otomotif saat ini. Mobil modern saat ini bukan sekadar sebuah kendaraan alat transportasi, melainkan telah menjadi bagian dari gaya hidup.

sumber : http://lampost.co/berita/mobil-dengan-teknologi-modern-di-2013

Comments