Tanggapi Isu Keamanan, Apple Dinilai Santai





Tanggapi Isu Keamanan, Apple Dinilai Santai
CALIFORNIA - Setelah menginformasikan sejumlah komputer karyawan Apple berhasil dibobol peretas (hacker). Kini perusahaan asal Cupertino itu telah mengeluarkan pembaharuan keamanan untuk pengguna komputer Mac.
Penambalan ini memperbaiki masalah di Java, sebuah bahasa pemrograman populer yang memiliki lubang keamanan sehingga memungkinkan kode berbahaya masuk.
Apple merupakan salah satu perusahaan yang menjadi target dari serangan hacker yang memanfaatkan kelemahan Java. Selain itu, Facebook dan Twitter juga mengofirmasi bahwa pihaknya telah dikerjai hacker.
"Kami mengidentifikasi bahwa sebagian kecil dari perangkat Apple terinfeksi dan saat ini telah terisolasi jaringan kami," jelas perusahaan melalui keterangannya.
Produsen iPhone menyikapi masalah itu dengan merilis patch keamanan dan pengguna akan diberikan informasi secara otomatis terkait pembaharuan itu.
Meski begitu, ahli kemanan dari perusahaan Sophos, Graham Cluley menilai, Apple terbilang lelet dalam menyelesaikan masalah ini. Ia mengatakan pengembang Java, Orcale awal bulan lalu langsung merilis patch perbaikan pasca menemukan isu kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh hacker. Demikian dilansir dari BBC, Kamis (21/2/2013).
"Apakah permasalahan ini sama yang menerjang Apple belum diketahui pasti," kata Cluley.
Lebih lanjut ia mengatakan, cara yang dilakukan Apple tidak terlihat cepat, bahkan sejarah menyatakan Apple sedikit 'santai' dalam menerbitkan patch keamanan.
Patch sendiri memungkinkan pengguna untuk memperbaharui versi paling baru dari Java. Selain itu langkah-langkah lain juga disediakan perusahaan, termasuk menonaktifkan Java bila pengguna Mac tidak menggunakannya selama 35 hari.

Sumber : http://berita.plasa.msn.com/article.aspx?cp-documentid=251905732

Comments