Ternyata Benar, Iran Lumpuhkan Pesawat Siluman AS



Teheran – KabarNet: Belum lama ini terjadi polemik tentang dijatuhkannya pesawat mata-mata Amerika Serikat (AS) oleh militer Iran. Disatu sisi Iran mengklaim telah menjatuhkan dan menyita sebuah pesawat mata-mata AS jenis RQ-170 Sentinel yang sedang dalam misi pengintaian di wilayah bagian timur negara itu. Disisi lain seorang pejabat AS yang menolak disebutkan namanya membantah klaim Iran tersebut. Dari perkembangan terakhir terbukti bahwa Pejabat AS tersebut telah berbohong, dan yang benar adalah pernyataan pihak militer Iran.
Pada hari Kamis malam (8/12/2011) kemarin, TV Iran menayangkan cuplikan sebuah rekaman video dari pesawat mata-mata tak berawak milik AS yang diklaim oleh Teheran telah dijatuhkan di wilayah bagian timur Iran, sekitar 225km dari perbatasan antara wilayah Iran dan Afghanistan.
Dalam tayangan tersebut digambarkan aparat militer Iran sedang memeriksa pesawat siluman RQ-170 Sentinel yang terlihat masih dalam keadaan utuh.
PESAWAT SILUMAN AS DILUMPUHKAN DI UDARA SECARA ELEKTRONIK
Komandan Unit Udara Pasukan Garda Revolusi Iran, Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menangkap dan menguasai pesawat tersebut secara elektronik, kemudian membajak dan menyetirnya dengan teknologi remote control untuk dipaksa mendarat dan disita.
Lebih lanjut Brigjen Amir mengatakan kepada media Iran bahwa pesawat itu tertangkap di udara secara elektronik, kemudian dipaksa masuk ke dalam perangkap medan elektronik yang kemudian berhasil mendaratkannya dengan kerusakan tak berarti.
Brigjen Amir juga mengatakan bahwa militer Iran sengaja menangkap dan tidak menghancurkan pesawat pengintai tersebut untuk diperiksa. Hal itu karena pihaknya sangat peduli atas informasi teknologi penting yang bisa diungkap dari pesawat siluman kebanggaan AS itu.
Sebelum ini, pejabat militer AS mengumumkan bahwa pihaknya telah kehilangan sebuah pesawat pengintai tak berawak, dan berkilah dengan menyatakan pesawat itu mengalami gagal terbang.
Sejumlah media yang menyaksikan tayangan video pesawat siluman AS yang dilumpuhkan tersebut melaporkan, bahwa dengan kondisi pesawat RQ-170 Sentinel yang masih dalam keadaan lengkap dan utuh itu, dapat disimpulkan hal itu mendukung kebenaran klaim Iran.
Siaran berbahasa Arab dari TV Press Iran memberitakan bahwa pasukan elite Iran yang tergabung dalam satuan Electronic Warfare Unit (Unit Perang Elektronik) telah menangkap pesawat mata-mata tak berawak milik AS itu, dan memaksanya turun mendarat pada tanggal 4 Desember 2011 saat terbang di atas kota Kashmar untuk melakukan misi mata-mata.
Markas militer NATO pada akhir pekan yang lalu menyatakan bahwa ada sebuah pesawat tak berawak sedang dalam misi penerbangan di wilayah barat Afghanistan yang kehilangan kontrol.
Bahkan petinggi militer AS di Pentagon mengungkapkan kekhawatiran mereka atas kemungkinan terbongkarnya informasi teknologi pesawat mata-mata RQ-170 Sentinel tersebut oleh Iran.
Foto-foto beberapa seri Pesawat Siluman RQ-170 milik AS yang salah satunya telah dilumpuhkan oleh pasukan Iran



Iran Protes Keras
Sementara itu, hampir seluruh media Iran pada Kamis (08/12/2011) memberitakan bahwa kementerian luar negeri Iran telah memanggil perwakilan Kedutaan Besar Swiss untuk menunjukan protes keras Teheran atas invasi sebuah pesawat mata-mata AS yang menyusup ke dalam wilayah udara Iran di bagian timur negara itu. Protes Iran tersebut disampaikan melalui Kedubes Swiss karana Washington tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Iran, dan urusan AS di Iran selama ini dilakukan melalui kedutaan Swiss di Teheran sebagai mediator.
Harian New York Times mengungkapkan bahwa pesawat siluman itu merupakan bagian dari program spionase AS untuk memata-matai proyek teknologi pengayaan nuklir yang diduga sedang dikembangkan Iran. Namun sayang sekali, pesawat pengintai kebanggaan militer AS tersebut justru dapat dilumpuhkan dan disita oleh angkatan bersenjata Iran.

Sumber : http://kabarnet.wordpress.com/2011/12/09/ternyata-benar-iran-lumpuhkan-pesawat-siluman-as/

Comments