Skip to main content

Beberapa Perkembangan Teknologi Mobil yang Berdampak Besar Sampai Saat Ini

Perkembangan teknologi memberikan dampak yang besar pada kehidupan manusia khususnya dunia otomotif. Dimulai dari mobil Ford model T dengan mesin 2 stroke yang dirilis tahun 1908, hingga mobil dengan teknologi hybrid. Berikut 10 temuan di dunia otomotif yang sangat berpengaruh pada kemajuan teknologi. (mobil.otomotifnet.com)

Hybrid Engine
Teknologi mesin yang paling mutakhir adalah mesin hybrid. Hybrid merupakan sebuah motor listrik yang tergabung dengan mesin berbahan bakar bensin untuk mencapai angka ekonomi bahan bakar yang tinggi dan ramah lingkungan. Namun, teknologi baru ini menghabiskan biaya yang cukup mahal. Contohnya pada Toyota Prius.

Clean Diesel

Beberapa mesin diesel yang dibuat oleh perusahaan seperti Volkswagen, Mercedes-Benz, BMW, dan Volvo mengandalkan pengembangan mesin seperti turbocharging dan injeksi bahan bakar sistem common rail plus aplikasi katalitik agar gas buang lebih bersih. Hasilnya bahan bakar lebih irit dan lebih bersih emisinya.

On Board Engine Computer

Sistem ini biasa disebut Electronic Control Unit (ECU) yang mengontrol semua proses dalam mesin agar berjalan dengan baik. ECU membuat bahan bakar lebih irit dan lebih mudah dalam mendiagnosa masalah pada mesin. Biasanya sudah digunakan pada mobil yang menganut sistem injeksi. Contohnya pada mobil-mobil sekarang ini.

Variable Valve Timing

Teknologi ini membuat aliran udara dan bahan bakar masuk dan keluar dari katup bisa diperlambat atau dipercepat sesuai kebutuhan. Masing-masing pabrik punya nama sendiri. Seperti Honda dengan VTEC, Toyota memiliki VVT-i, BMW Valvetronic atau VANOS dan lainnya. Memberikan kinerja maksimal dalam berbagai kondisi putaran mesin.
Dual Overhead Chamshaft

DOHC atau Dual Overhead Camshaft. Camshaft adalah bagian dari valvetrain mobil Anda. Merupakan sistem untuk mengontrol buka tutup katup bahan bakar dan udara ke dalam silinder. Mesin DOHC memiliki dua camshaft , untuk katup masuk dan buang. sehingga debit BBM yang masuk akurat.

Aluminium Engine Block

Beberapa tahun terakhir, banyak mobil menggunakan blok mesin berbahan aluminium. Tujuannya agar bobot mobil lebih ringan, sehingga lebih efisien. Selain itu mesin ini lebih mudah melepas panas. mesin ini bisa memuai pada suhu udara yang panas. Contohnya banyak digunakan pada mobil balap.

Direct Injection

Setelah fuel injection, tahap selanjutnya adalah direct injection atau injeksi langsung. Bahan bakar disemprotkan langsung ke ruang pembakaran, sehingga pembakaran lebih sempurna dan efisien. Namun, terkadang mesin injeksi langsung dapat menyebabkan penumpukan simpanan karbon pada katup intake, yang pada akhirnya menjadikan mesin bermasalah. Contohnya pada All New Lexus GS450h.

Fuel Injection

Akhir 1980-an karburator sebagai penyalur bahan bakar digantikan oleh sistem injeksi. Bahan bakar disemprotkan melalui intake manifold, tidak langsung keruang bakar Membuat respon throttle lebih baik sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Forced Induction

Dalam sistem ini udara dimasukan ke dalam ruang pembakaran melalui turbocharger dan supercharger pada tekanan yang lebih tinggi dari biasanya. Sehingga membuat kompresi dan tenaga yang lebih besar pula. Namun teknik ini pada masa itu membuat mobil lebih boros bahan bakar. Contohnya pada Mini Cooper S turbocharger dan Porsche 911 Turbo atau Corvette ZR-1.

Four-Stroke Engine

Four-stroke engine atau mesin 4 tak mulai dikembangkan awal tahun 1800-an. Mesin 4 tak bekerja dengan 4 langkah yang diawali dengan asupan, kompresi, kekuatan, sampai gas buang yang terjadi ketika piston bergerak naik dan turun sebanyak 2 kali. Teknologi ini lebih hemat bahan bakar dan minim polusi. Namun, mesin yang rumit membuat biaya produksi menjadi cukup mahal. Contohnya pada mobil Chevrolet 427.
 
 
Sumber : http://forum.solusisahabat.com/showthread.php?2329-Beberapa-Perkembangan-Teknologi-Mobil-yang-Berdampak-Besar-Sampai-Saat-Ini

Comments