Cara Membuat HP Menjadi Modem Tanpa Kabel


Cara Membuat HP Menjadi Modem Tanpa Kabel – Seiring berkembangnya zaman, semakin lama pengguna internet semakin meningkat. Selain praktis, mencari informasi melalui internet juga sangat mudah. Tidak butuh waktu lama untuk kita menemukan apa yang kita cari. Hanya dengan menulis satu keyword, maka berjuta informasi yang berkaitan akan ada dihadapan. Dukungan perangkat yang mampu mengakses internet juga tidak menuntut biaya yang besar. Dengan hanya menggunakan perangkat ponsel saja kita sudah bisa menjelajah internet layaknya menggunakan perangkat lebih seperti halnya pc, notebook, netbook atau apalah bahasanya.
Berbicara tentang akses internet menggunakan pc, kita tentunya memerlukan sebuah modem, baik itu hanya untuk browsing maupun keperluan yang lainnya. tahukah anda bahwa Hp juga bisa digunakan sebagai modem ? ya, dipostingan ini WikiCaraPedia akan memberikan tutorial sederhana tentang cara menjadikan hp sebagai modem tanpa kabel.
Walaupun saat ini perangkat smartphone sudah ada fasilitas Tethering yang berfungsi membagi jaringan Wifi dari perangkat smartphone anda tetapi tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara membuat HP kita dijadikan sebagai modem.
Ada satu aplikasi ponsel yang bisa anda gunakan untuk dijadikan sebuah modem, nama aplikasi ini adalah Joikuspot. joikuspot adalah aplikasi pemancar signal wifi yang bisa anda install pada perangkat ponsel anda. aplikasi ini akan memancarkan wifi yang nantinya bisa anda koneksikan dengan pc anda. untuk cara menghubungkan aplikasi ini dengan pc, laptop adan, sama halnya dengan cara menghubungkan pc ke jaringan wifi pada umumnya.
Untuk menginstall aplikasi ini pada ponsel anda, ada syarat atau spesifikasi yang harus dipenuhi, yaitu dukungan Sistem Operasi ponsel.
System Operasi (OS)
Aplikasi ini telah mendukung ponsel dengan sistem operasi symbian s60v3 , symbian s60v5, android. untuk 0S lain saya kurang tau. namun jika 0S hp anda bukan merupakan ketiga yang saya sebutkan, anda dapat mencari informasi lebih lanjut ke google search. Untuk sekarang, aplikasi ini belum mendukung ponsel dengan flatform java.
Bagaimana cara menggunakan aplikasi joikuspot ini ?
Bagi anda yang memiliki ponsel dengan OS seperti yang saya sebutkan diatas, anda bisa membaca langkah-langkah dibawah ini untuk menjadikan hp anda sebagai modem tanpa kabel.
Silahkan anda download terlebih dahulu aplikasinya, untuk link downloadnya mohon maaf tidak bisa saya sertakan pada blog ini. silahkan anda mencari aplikasinya dengan memanfaatkan pencarian google karena sudah sangat banyak artikel yang membahas tentang aplikasi ini.
Jika anda sudah memiliki aplikasinya, lanjutkan dengan menginstall aplikasi pada ponsel anda. Silahkan buka aplikasi joikuspot yang sudah anda install, maka akan terlihat seperti gambar berikut :
JoikuSpot
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, aplikasi joikuspot meminta konfirmasi apakah anda ingin berbagi koneksi dengan perangkat luar atau tidak, jika anda ingin men-setting terlebih dahulu aplikasinya, silahkan tekan-tidak, namun untuk lebih mudahnya, disini saya contohkan dengan langkah memulai sharing coneksi saja, untuk melanjutkan tekan-ya , akan terlihat seperti gambar berikut :
JoikuSpot 1
Joikuspot akan mengarahkan anda pada pemilihan akses poin yang ingin anda gunakan, silahkan anda pilih sesui dengan operator yang anda gunakan, kemudian tekan-OK.
JoikuSpot 2
Setelah anda tekan OK , maka aplikasi joikuspot akan mulai terkoneksi dengan internet. tunggu beberapa saat hingga keluar pesan “joikuspot started“. jika aplikasi joikuspot sudah dalam keadaan running maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
JoikuSpot 3
Sampai tahap ini anda sudah berhasil menjadikan HP anda sebagai modem tanpa kabel, sekarang di area anda sudah terdapat jaringan wifi yang bisa diakses oleh siapa saja ( jika tidak diberi password ). Walaupun begitu, anda juga bisa memberi password pada aplikasi ini, jadi setiap ada perangkat yang hendak menjalin koneksi dengan aplikasi anda, maka sistem akan secara otomatis meminta password yang sudah anda setting sebagai kode keamanan jadi dengan begini keamaan kuota anda bisa terkendali karena untuk biaya akses data yang digunakan adalah pulsa dari HP anda.
Sebagai informasi tambahan, screenshot diatas saya ambil dari hp nokia e63 ( Symbian s60v3 ). untuk langkah-langkah menggunakan aplikasi in pada hp jenis 0S lain, silahkan disesuaikan saja karena pada dasarnya adalah sama.
Itulah Cara Membuat HP Menjadi Modem Tanpa Kabel semoga bermanfaat.
 
Sumber : http://www.wikicarapedia.com/cara-membuat-hp-menjadi-modem-tanpa-kabel.html

Comments