Cara Menjadikan Komputer Sebagai Efek Gitar Cara Menjadikan Komputer Sebagai Efek Gitar

Cara Menjadikan Komputer Sebagai Efek Gitar

REBABO cara - Membuat komputer menjadi efek gitar. Apakah anda seorang gitaris ? Apakah anda mempunyai Gitar serta perlengkapanya ? Jika anda mempunyainya anda harus bersukur karena telah diberikan apa yang mungkin anda sukai. Tapi bagaimana jika anda mempunyai gitar, tetapi tidak memiliki Efek serta Amplifiernya ? Jika anda mempunyai sebuah Komputer REBABO cara bisa membantu anda untuk menjadikan komputer anda menjadi sebuah efek gitar, baik gitar elektrik maupun gitar tabung.


Tanpa panjang lebar, lansung saja saya berikan penjelasan untuk menjadikan komputer anda menjadi sebuah efek gitar, tapi sebelumnya anda harus menyediakan bahan-bahanya. Yang anda butuhkan adalah sebuah komputer yang dilengkapi dengan sound card (onboard juga bisa), speaker, jack conventer dengan input 1/4 inci ke output 3,5 mm (anda bisa membeli conventer di toko peralatan audio, harganya kira-kira Rp.3000-an), dan tentu saja sebuah gitar listrik, tapi jika anda tidak mempunyai gitar listrik, anda juga bisa memakai gitar tabung. Anda tinggal memasang pick up atau sebuah microphone di gitar tabung anda.



Disini yang akan anda gunakan sebagai efek gitar adalah komputer, jadi anda perlu DOWNLOAD APLIKASI SOFTWARE EFEK GITAR terlebih dahulu, namanya adalah GUITAR RIG 4 PLAYER . Guitar Rig 4 Player adalah versi demo dari GUITAR RIG PRO, yang bisa anda download. Untuk mendownload klik disini . Ukuran file tersebut adalah 280 MB. Guitar Rig 4 Player mebutuhkan spesifikasi minimal Windows XP/7/Vista, Pentium 4 2,5 GHz, dan RAM 2 GB.


Langsung saja REBABO cara akan memberikan tutorialnya :


1. Download software-nya


Berikut wartos jelaskan cara mendownloadnya :


2. Men-setting Komputer dan Gitar

Pada komputer saya sound card-nya adalah onboard dari Realtek, Jiak kebetulan sound card anda berbeda, pada dasarnya caranya sama. yaitu :
  • Untuk setup gitar, mudah sekali Anda tinggal colokan gitar beserta conventer-nya ke port line in yang ada di sound card.
  • Begitu jack-nya terpasang, maka biasanya di Windows akan muncul pop up yang menampilkan port mana yang baru saja dipasang.
  • Sekarang klik Device advance setting. Di playback device, pilih opsi Make front and rear output. Di recording Device, pilih opsi Tie up same type of input jacks.
  • Berikutnya buka Control Panel, kemudian pilih Sound
  • Pada tap Playback, kik kanan dan beri centang pada kedua opsi Show Disabled Device, dan Show Connected Device
  • Lalu matikan semua komponen kecuali speakers. Caranya klik kanan pada komponen yang ingin dimatikan, dan pilih Disable.
  • pindah ke tab Recording, lakukan hal yang sama. Matikan semua komponen, kecuali line in.
  • Sampai disini, Anda harus sudah mendengar suara gitar yang keluar dari speaker. Seaindainya anda tidak mendengar apa-apa, klik Properties pada speaker Line In, lalu di tab Levels, naikkan Volumenya sampai Full. masalah lain juga sering muncul bila  suara gitar tidak keluar di speaker bisa diatasi dengan memutar-mutar jack yang ada di converter.
3. Menginstal GUITAR RIG 4 PLAYER

Sesudah mendapatkan Instaler GUITAR RIG 4 PLAYER, Anda juga harus mendownload ASIO4ALL dari http://www.asio4all.com/ dengan ukuran file 406 KB. ASIO4ALL adalah audio driver universal untuk driver WDM.
  • Instal GUITAR RIG PLAYER seperti biasa, dan ikuti saja opsi defaut-nya.
  • Berikutnya, instal ASIO4ALL sesuai dengan opsi default-nya.
  • Sekarang jalanan GUITAR RIG 4 PLAYER, di jendela yang muncul pilih Activate. Ingat disini anda harus dalam keadaan online (terhubung dengan internet).
  • Di jendela yang muncul pilih Create new user Account. Kemudian isi data yang diminta.
  • Setelah selesai, Anda akan dikirim e-mail yang berisi password. Gunakan e-mail dan pasword tersebut untuk login.
  • Setelah Log in dan mengisi sebuah survei, Anda akan diminta untuk melakukan serial number yang sudah diterima melalui email, Kemudian Klik Activate.
  • Tutup jendela Service Center, dan kembali jalankan GUITAR RIG 4 PLAYER, kemudian, klik menu Audio and MIDI Setting
  • Pada tab Audion di bagian driver, pilih ASIO, kemudian klik ASIO Config.
  • Di jendela yang muncul, klik icon bergambar junci baut sehingga ada tanda silang, dan ASIO buffer List pilh komponen sesuai yang awal tadi dipilih. Dalam hal ini adalah Realtek HD Audio Output dan Realtek HD Audio Line Input. Beri centang juga pada ketiga opsi yang ada. Kemudian tutup jendela ASIO4ALL.
  • Kembali ke jendela Audio and MIDI Setting, pilih tab Routing. Di bagian Inputs dan Outputs, pastikan sudah sesuai dengan yang ditentukan. Dalam hal ini, Input-nya adalah HD Audio Line input, dan output-nya HD Audio output.
  • Kembali ke jendela utama GUITAR RIG 4 PLAYER, sekarang Anda sudah bisa menikmati efek yang ditawarkan.

Selesai sudah tutorial dari REBABO cara, Sekarang anda tinggal memilih efek apa yang anda gunakan dan mulai bereksperimen dengan Gitar dan Komputer Anda.
Ada satu lagi yang lupa, jika anda tidak puas dengan preset yang ada, Anda bisa menciptakan sound sendiri, Caranya :
  • Klik menu File, pilih New Sound
  • Pilih Component, lalu pulih jenis-jenis efek yang sesuai kebutuhan Anda dengan cara mendrag-nya ke jendela sebelah kanan. Anda juga bisa melakukan setting terhadap setiap efek secara Individual.
  • Bila sudah, klik menu File, kemudian pilih Save Sound As dan beri nama, lalu klik Save.
Anda juga bisa mengimpor preset yang sudah dibuat oleh pengguna GUITAR RIG 4 lain. Preset-preset tersebut bisa diperoleh dari komunitas pengguna GUITAR RIG 4. Tapi sayangnya, fitur ini tidak bisa dimanfaatkan di GUITAR RIG 4 versi gratisan. GUITAR RIG juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti metronome, tunner, dan tape deck, khusus untuk tape deck, ini adalah sebuah fitur audio player yang musti digunakan saat ingin menyetel sebuah lagu, Sebab jika anda menggunakan audio player lain seperti Winamp, tidak akan bisa digunakan sebab channel sound-nya sudah dipakai terlebih dahulu oleh GUITAR RIG 4. Tape deck ini juga memiliki fitur tambahan seperti transpose, tune dan tempo.

Hanya ini saja yang bisa saya jelaskan mengenai GUITAR RIG 4 PLAYER, semoga membantu, terutama untuk anda seorang Gitaris, karena saya sendiri juga Seorang Gitaris.
Jika masih ada yang belum jelas, tinggalkan komentar, dan akan saya jawab secepatnya. Bila masih ada kekurangan pada Tutorial di atas, bantu saya untuk menyempurnakanya dengan meinggalkan komentar anda di bawah.


Artikel terkait :
mem

Sumber : http://rebabocara.blogspot.com/2011/05/cara-menjadikan-komputer-sebagai-efek.html

Comments