Duo "Hard Disk" untuk Olah Video dari Western Digital



JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pengolahan video kerap membutuhkan kapasitas storage yang besar berikut kecepatan tinggi. Kalangan inilah yang disasar oleh Western Digital (WD) melalui produk MyBook Thunderbolt Duo dan MyBook Velociraptor Duo.

"Kecepatan produk ini bisa mencapai 400 MB per detik atau sebanding dengan SSD internal, karena itu cocok untuk mereka yang sering melakukan rendering video atau grafis 3D," ujar Sales Manager Branded Products WD Tirtasaputra Salim dalam acara product showcase di Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Klaim kecepatan 400 MB per detik itu berlaku untuk produk My Book VelociRaptor Duo yang dibekali dua buah port Thunderbolt. Produk ini tersedia dalam pilihan kapasitas 1 TB atau 2 TB.

Untuk mencapai kecepatan setinggi itu, kedua hard disk WD VelociRaptor 10.000 RPM di dalam MyBook VelociRaptor Duo bekerja dalam mode RAID 0 yang juga bisa diubah menjadi RAID 1 (mirroring) untuk tambahan keamanan data.

Akan halnya MyBook Thunderbolt Duo, WD menyediakan pilihan kapasitas 4 TB, 6 TB, dan 8 TB. Seri ini disebut mampu mencapai kecepatan transfer data 250 MB per detik.

MyBook Thunderbolt Duo yang sudah bisa diperoleh di pasaran sejak akhir tahun 2012 ini dapat dibeli dengan harga 529 dollar AS untuk versi 4TB, 657 dollar AS untuk versi 6 TB, dan 778 dollar AS untuk versi 8GB.

Adapun MyBook VelociRaptor Duo dibanderol dengan harga 811 dollar AS (2 TB).

Perlu ditambahkan bahwa kedua produk ini hanya kompatibel dengan komputer Apple Macintosh yang dibekali port Thunderbolt.

"Soalnya, jenis interface ini memang hasil kerjasama Intel dengan Apple," papar Tirta, sambil menambahkan bahwa WD juga akan merisi versi dua produk tersebut yang bisa digunakan di komputer Windows.

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2013/03/01/18412598/Duo.Hard.Disk.untuk.Olah.Video.dari.Western.Digital

Comments