El Clasico yang Terancam Hambar



Headline

Kedua tim kembali bertarung setelah sebelumnya saling bentrok di leg kedua semifinal Piala Raja tengah pekan kemarin. Di laga itu Madrid berhasil mempermalukan Barcelona di Camp Nou dengan skor 3-1 (agregat 4-2). Los Blancos pun berhak melaju ke final melawan Atletico Madrid.

Sejatinya pertarungan yang melibatkan Barcelona dan Madrid selalu berlangsung seru, ketat dan panas. Namun, laga kali ini terancam hambar. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi.

Madrid diyakini tak lagi memprioritaskan La Liga karena mereka tertinggal 16 poin dari Barcelona. Mereka akan fokus ke Liga Champions dan Piala Raja. Tiga hari kemudian, Madrid akan mengunjungi Old Trafford di leg kedua 16 besar Liga Champions.

Kabar yang menyeruak di berbagai media menyebutkan bahwa sang juru racik, Jose Mourinho, akan merotasi pemainnya agar bisa tampil fit dan bugar ketika berhadapan dengan Setan Merah. Madrid memang harus meraih kemenangan atau imbang minimal 2-2 agar bisa lolos ke babak perempatfinal. Di leg pertama, El Real ditahan imbang MU 1-1.

Mourinho disebut akan mengistirahatkan beberapa pemain kuncinya, seperti Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain, Sergio Ramos hingga Raphael Varane yang penampilannya terus menanjak. Pemain yang jarang mendapat kesempatan tampil seperti Kaka, Luka Modric dan Ricardo Carvalho mungkin akan diprioritaskan.

Meski ada indikasi melakukan rotasi, kapten Madrid yang tengah cedera, Iker Casillas, berharap timnya bisa mengulangi kemenangan yang diraih saat leg kedua semifinal Piala Raja di Camp Nou.

"Kami bermain baik dan hasil itu pasti memotivsasi kami untuk tampil lebih baik lagi. Kami ingin menunjukkan jati diri tim ini. Peluang kami memang lebih terbuka di Liga Champions, tapi bukan berarti kami akan menepikan La Liga," katanya, seperti dilansir Marca.

Meski Barcelona baru akan tampil di Liga Champions dua 10 hari lagi, tim asal Katalan ini kemungkinan besar tak bisa diperkuat beberapa pemain pilarnya. Bukan karena rotasi pemain seperti yang dilakukan Madrid, namun beberapa pemain Barcelona mengalami cedera dan sakit.

Barcelona tak bisa diperkuat Xavi karena mengalami cedera saat bertanding di Piala Raja lawan Madrid. Selain Xavi, Lionel Messi juga diragukan bisa tampil. Pemain asal Argentina itu absen dalam latihan Barcelona karena terserang demam.

Belum dipastikan apakah Messi akan absen di laga ini, tapi ada kemungkinan Barcelona tak memainkannya dan tak ingin mengambil risiko. Di laga ini, Barcelona masih belum bisa didampingi sang pelatih, Tito Vilanova. Absennya Vilanova dinilai sebagai biang keladi merosotnya penampilan Barcelona dalam beberapa laga terakhir.

Rasa rindu kepada Vilanova diucapkan gelandang Barcelona, Andres Iniesta. Jebolan La Masia itu menyebut Blaugrana kesulitan tanpa kehadirannya.

"Tidak hadirnya seorang pelatih kepada saat pertandingan sangat tidak mudah. Hal ini juga tidak norma. Semoga ia bisa kembali pulih dan menemani tim saat bertanding di Liga Champions lawan AC Milan," ujarnya.

Selain Xavi dan Messi, Barcelona dipastikan tak bisa diperkuat Adriano dan Alex Song. Adriano mengalami cedera hamstring sementara Song didera cedera lutut.

Pertandingan seru ini akan disiarkan langsung oleh Trans TV/Fox Sport mulai pukul 22.00 WIB.

Head to Head

26 Februari 2013 Barcelona 0 - Real Madrid 2 (Semifinal leg kedua Piala Raja)
31 januari 2013 Real Madrid 1 - Barcelona 1 (Semifinal leg pertama Piala Raja)
8 Oktober 2012 Barcelona 2 - Real Madrid 2 (La Liga)
30 Agustus 2012 Real Madrid 2 - Barcelona 1 (Piala Super Spanyol)
24 Agustus 2012 Barcelona 3 - Real Madrid 2 (Piala Super Spanyol)

Lima laga terakhir Real Madrid:

26 Februari 2013 Barcelona 2 - Real Madrid 3 (Semifinal leg kedua Piala Raja)
18 Februari 2013 Real Madrid 2 - Rayo Vallecano 0 (La Liga)
14 Februari 2013 Real Madrid 1 - Manchester United 1 (Liga Champions)
10 Februari 2013 Real Madrid 4 - Sevilla 1 (La Liga)
3 Februari 2013 Granada 1 - Real Madrid 0 (La Liga)

Lima laga terakhir Barcelona:
26 Februari 2013 Barcelona 1 - Real Madrid 3 (Semifinal leg kedua Piala Raja)
17 Februari 2013 Granada 1 - Barcelona 2 (La Liga)
10 Februari 2013 Barcelona 6 - Getafe 1 (La Liga)
4 Februari 2013 Valencia 1 - Barcelona 1 (La Liga)
31 Januari 2013 Real Madrid 1 - Barcelona 1 (Semifinal leg pertama Piala Raja)

Prakiraan susunan pemain:

Madrid: Antonio Adan, Alvaro Arbeloa, Ricardo Carvalho, Pepe, Marcelo, Michael Essien, Luka Modric, Jose Callejon, Kaka, Fabio Coentrao, Karim Benzema. Pelatih: Jose Mourinho

Barcelona: Victor Valdes, Daniel Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba, Xavi, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Pedro, David Villa, Alexis Sanchez. Pelatih: Jordi Roura.

Sumber : http://bola.inilah.com/read/detail/1963672/el-clasico-yang-terancam-hambar#.UTGxRDeDeOw

Comments