Ini Mobil Terkencang di Lintasan Es




Kecepatan yang ditorehkan 334,7 km/jam.


Audi RS6 yang dikemudikan Janne 'Iceman' Laitinen
Audi RS6 yang dikemudikan Janne 'Iceman' Laitinen (Carscoop)

Dilansir Carscoop, Sabtu 16 Maret 2013, mobil yang dikemudikan Laitinen berhasil melintas di atas es lautan beku Teluk Bothnia, dekat kota Oulu, Finlandia, dengan kecepatan 334,7 km/jam.

Pencapaian ini juga terbilang istimewa. Sebab Guinness Book memiliki syarat, yakni lintasan yang menjadi tempat rekor tercetak harus es alami yang tidak diberi bahan kimia agar tidak terlalu licin.

Selain itu, ban yang digunakan harus dijual secara komersial dan telah mendapat izin untuk digunakan di jalan-jalan negara tempat rekor itu dibuat.

Mobil itu menggunakan mesin V10 berkekuatan 580 Ps, dibantu dengan sistem quattro empat penggerak roda. Adapun ban yang digunakan menggunakan taburan paku profil ultra-low hasil pengembangan perusahaan Finlandia Nokian Tyres.

Rekor baru ini mengalahkan rekor sebelumnya, yang juga dipegang Laitinen dengan mobil Bentley dan menggunakan ban Nokian, dengan kecepatan 331,6 km/jam pada 2012.

Ban yang digunakan untuk mencapai rekor baru ini adalah ban bertabur paku terbaru dari Nokian, yaitu Hakkapeliitta 8, yang dirancang untuk keseimbangan cengkeraman lateral dan longitudinal.

Fakta yang mampu tercatat, Nokian mengatakan mobil ini berjalan lebih dari 93 meter per detik, dan setiap geriginya menyentuh es sebanyak 43 kali per detik.

Comments