Mesin Mobil Ngelitik

Betulkah semua serba oktan bila bicara tidak gelitik ? di masa ini tak terhitung aditif yang mampu merubah struktur kimia bbm agar tidak menyebabkan gelitik. Katakanlah salah satunya My Green Oil, Broquet, Outlaw, Red line, Lucas, dll. Aditif2 tersebut pernah ane pakai sendiri bertahun-tahun dan beberapa rekan disini pun pasti pernah menggunakan salah satu aditif itu bertahun juga.
Dengan kepiawaiannya merubah struktur kimia bbm, mreka sanggup membuat mesin tidak ngelitik. Silahkan dicoba bila tidak percaya. Mereka adalah brand2 yang mungkin sudah ‘ lebih dipercaya ‘ karena mendapatkannya mudah, di mall2 ada khususnya mall teknnis seperti ace hardware.
mesin mobil ngelitik
Namun pada faktanya beberapa dari merk2 terkenal ( gak perlu tau yang mana ), tidak memberikan penambahan performa selain menghilangkan gelitik dan memberikan treatment, serta irit bbm. Namun performa tidak ngelitik.
Bila memang dikatakan oktan menambah tenaga, sudah suatu hal yang keliru besar. Mencegah gelitik sangat banyak caranya bila mengetahui total soal struktur kimia BBM. Masalahnya yang diketahui orang awam berbeda dengan yang diketahui orang laboratorium. Tidak mungkin pemakai bbm mampu membuat bbm. Bila mampu membuat bbm, tentunya sudah mampu menggunakan bbm dengan baik dan benar tanpa konsultasi lagi kepada siapapun.
Beberapa dari merek terkenal tersebut juga mengakui tidak meningkatkan oktan/ron. Namun anehnya tidak ngelitik dan sudah dibuktikan banyak pemakaianya. Lho kok bisa? tentu bisa, karena mereka sudah paham bagaimana caranya. Yang belum paham selalu berpatokan oktan. Padahal oktan sudah sesuai kompresi kendaraanpun, SETTINGAN SALAH, tetap gelitik !!.
Wahh…repot dong kalo settingan turut berperan ?? Ya emang demikian. Punya kendaraan ya harus tau juga cara pakai yang benarnya termasuk harus diapakan biar mesin makin prima. Bisa beli GAK BISA PAKE kan buang uang. Kalau tidak mengerti soal mesin, dapat diserahkan kepada mekanik yang berkompeten ( gak asal nyandang nama mekanik, tapi nyetting masih kacau ).
Masih berhub dengan gelitik…..
Apa kah sekali terdengar gelitik, suda pasti serba bbm ? NANTI DULU !.
  • Gelitik yang diakbatkan BBM cenderung merata ke seluruh RPM. Makin tinggi putaran mesin, semakin parah gelitik yang terjadi.
  • Sedangkan gelitik yang hanya ada di RPM TERTENTU misalnya bawah saja, atasnya tidak, atau tengah saja ( bawah atas tidak ), dll….. itu diakibatkan penyettingan mesin yang tidak memiliki KESEIMBANGAN TIMING pembakaran. Biasanya bisa diatasi dengan penyettingan kembali cdi/ecu.
  • Gelitik yang terjadi hanya di putaran atas bisa jadi karena timing pembakaran, bisa juga bbm sudah melewati batas kekuatan maksimal kompresi. contoh paling tepatnya, mobil kompresi 11 dikasi bbm oktan 92, bisa saja terjadi gelitik pada putaran atas karena kompresi mesin mobil memuncak. Oktan 92 tidak mampu mengatasi kekuatan kompresinya.
  • Gelitik yang terjadi padahal oktan dan kompresi kendaraan sudah sesuai, biasanya diakibatkan oleh kotoran kerak mesin yang sudah menebal atau settingan timing pembakararan terlalu maju, serta kadar udara berlebihan.
  • Gelitik yang terjadi sejak putaran bawah sampai atas padahal bbm sudah sesuai dan timing sudah benar sampai kondiri pengapian, mutlak disebabkan oleh kondisi bbm yang struktur kimianya buruk atau tidak sesuai spesifikasi kebutuhan kompresi mesin.
Salah satu ciri paling mudah melihat kondisi gelitik yang terjadi akibat bbm atau mesin adalah di performanya.
BBM yang tidak memiliki ketahanan terhadap kompresi, biasanya menyebabkan gelitik total seluruh RPM. Bila sudah menyebabkan gelitik total,MUSTAHIL mampu memberikan performa yang mantap, apalagi urusan irit bbm.
Bila performa kendaraan mantap dan gelitik terjadi hanya di rpm tertentu ( misalnya putaran bawah saja ) , sisanya ke atas mantap dan joss performa, biasanya akibat penyettingan timing belum merata atau kondisi pengapian tidak stabil ( misalnya koil/busi kadang kuat kadang lemah ).
Itu segelintir yang berhub dengan gelitik. Semoga dapat membantu…..
Sumber Dave Heaven

Comments