Kini Setting Ulang Bahan Bakar di Injeksi Lebih Gampang



P2R-fuel_self_mapping_kit_bazzaz_z_afm_2
Ajib nihhh….!!! Bagi pemilik Kawasaki Ninja 250 FI jika mau utak atik settingan pengabutan bensin ke ruang bakar bisa menggunakan piggyback. Salah satunya merk Bazzaz Z-FI asli produksi Amerika. Nama piggyback yang satu ini memang kalah pamor dibandingkan Power Comannder V alias PCV yang lebih dulu dikenal di Indonesia. Tapi banyak yang bilang, Bazzaz lebih mudah disetting sendiri.
Paket Bazzaz Z-Fi terdiri dari modul piggyback, kabel bodi dan aksesoris tambahan seperti cable ties, velcro dengan double tape untuk menempelkan piggyback ke motor dan O2 eliminator (yang ternyata tidak terpakai karena Ninja 250 FI versi lokal ternyata masih open loop).
Proses pemasangannya juga gampang karena cuma colok sana-sini mengikuti buku petunjuk yakni sensor injector, speed sensor, TPS, crank position sensor dan kabel ground. Enggak sampe 45 menit, sudah selesai menginstall piggyback. Dilanjutin dengan ritual buka laptop untuk remapping ulang bahan bakar supaya power motor lebih joss.
P2R-bazzaz_performance_zfi_1
Pas melototin LCD laptop, terlihat mapping bahan bakar yang diinstal dalam piggyback sudah tidak standar. Soalnya di layar muncul angka-angka yang menunjukkan peningkatan bahan bakar dalam ukuran persentase. Untuk menambah dan mengurangi bahan bakar juga praktis karena tinggal klik-klik doang!Jadi teringat ketika P2R masih hobi ngutak-ngatik KLX 150 D Tracker pas pertama kali keluar! capek banget bongkar pasang karbu PWK 28 Sudco yang ditancepin ke si supermoto unyil gara-gara salah nebak main jet.
Bongkar-pasang berkali-kali buat nemuin jetting yang tepat, apesnya sang mekanik juga nggak pinter nebak ukuran spuyer. P2R jadi bolak-balik toko-bengkel buat beli spuyer yang pas deh!Lah ini tinggal klik-klik doang buat dapetin fuel map yang diinginkan! Btw, piggyback ini beda ya dengan set up menggunakan diagnostic tools yang digunakan pada Yamaha Vixion. Soalnya ECU standar Yamaha Vixion cuma bisa disetting -30 sampe +30, jadi pasokan bensinnya cuma ditambahin. Sedangkan map bensin yang digunakan tidak berubah.
Kalo pake piggyback, komposisi bahan bakar di putaran bawah dan atas kan bisa dibikin beda. Misal di rpm 3000 hanya ditambah 10% sedangkan di rpm 8500 bensin ditambah 30% untuk mendapatkan tenaga yang halus di putaran bawah namun galak di rpm tinggi.

SUMBER : http://proud2rideblog.com/2013/02/18/setting-ulang-bahan-bakar-di-injeksi-jauh-lebih-gampang-dari-motor-karburator/

Comments