BORE UP HONDA BEAT UNTUK HARIAN




Matic yang satu ini sangat diminati semua golongan terutama anak muda,body ramping,enak buat selap selip,oke akselerasi,tapi kadang kita ingin lebih lagi tenaganya biar enak buat nyalip bus patas…atau anak muda yang sukanya balap balap sama temenya ada sedikit cara neh buat bikin simatik beat kita lebih bertenaga lagi dari yang standard pabrikan.
  • Buat nambah tenaga yang pertama: yang paling utama kita naikin cc’nya..naikin cc otomatis ganti seher yang lebih gedean lagi. Oke karena buat harian kita ambil mentoknya ja biar ga telalu beresiko pada blok silinder..kita pake sehernya kharisma size 100 jadi diameter sehernya menjadi 53,4mm,standar beat diameter sehernya 50mm..jadi kalo kita hitung pake seher kharisma menjadi 123cc sedangkan standar beat yaitu 108cc..lumayan lah buat harian aman.


  • Kedua noken as


cara agar kompresinya makin naik akslerasi makin berasa ganti noken as/camshaft. Kita  cari noken as yang pas buat beat yang ga terlalu extreme atau beresiko pada mesin beat kalo dipake harian,kita sikat ja noken as’nya kawahara yang k1 buat beat..kisaran harga 275.00-325.00 tergantung daerah.
  • ketiga polish porting lubang manifold
biar hisapan bahan bakar(gas) yang terhisap oleh piston ke ruang bakar lancar.
  • Berikutnya atau Ke empat tutup lubang  AIS (Air Induction System) adalah teknologi yang dikembangkan untuk mengurangi kadar polutant pada gas buang bahasa kitanya biar ga terlalu berpolusi pada pembuangan di knalpot.
  • Ke lima busi 
ganti dengan busi iridium,banyak dibengkel bengkel contohnya merek tdr,ngk,denso,dll
  •  Pilot jet dan main jet
naikin pilot jet pke ukuran 40 dan main jet 105.. biar sipiston ga kelaperan.
  
Oke kita lanjut ke cvt
  • pertama roller
roller beat yang standar 12gram kita turunkan atau ganti rollernya jadi 10gram biar hentakan gas pertamanya berasa. banyak roller racing dibengkel2 tnggal pilih mau kawahara,tdr,kitaco dll…  
ga hanya itu per cvt’ya juga kita ganti ,ganti dgn yang kerasan dikit yaitu 1500rpm..ini juga sama kaya roller bnyak merknya.

Seperti itu dulu mungkin kalo buat harian yang aman.. boleh dicoba ke motor beat bro/sis . semoga bermanfaat.

Comments