Bore Up Yamaha Byson


Semakin menjulang tinggi penjualan yamaha byson belakangan ini tentu semakin banyak pula pengguna byson bertebaran dijalan. Bak seperti virus, hal tersebut mampu membuat penunggang motor lain kepincut dengan si kebo yang pada akhirnya ikutan ambil motor pabrikan garputala tersebut.

Seperti yang dialami oleh teman saya, beberapa bulan yang lalu do’i baru saja beli motor tiger, namun bagai tersengat lebah pikirannya gundah tatkala melihat si body macho byson. Alhasil tiger nya pun menjadi korban penghianatan cinta oleh si do’i (ini bahas apaan sih :D). Beruntung do’i memborong tiger dengan kondisi bekas, jadi penurunan harga yang dialaminya tidak signifikan.

Kembali ke pokok bahasan. Meledaknya pesanan yamaha byson bukan berarti motor tersebut sempurna bagai bidadari yang terlahir tanpa cacat. Banyak keluhan yang muncul dari penunggang byson, salah satunya yang akan saya bahas disini adalah lembeknya peforma byson yang tak semacho tubuhnya.

Kekurangan & Kelebihan Yamaha Byson, lengkap. Disini
Benar sekali, soal peforma yamaha byson memang susah diajak lari, terutama tarikan awal yang terkesan smooth. top speed juga kurang dapet. Tak perlu berkecil hati. Karena masalah tersebut bisa dengan mudah diatasi.
Jalan yang ditempuh pun tak perlu neko-neko hingga bore-up kapasitas mesin byson. karena dengan part yang kini dapat dengan mudah didapat di pasaran sudah cukup banyak mampu meningkatkan peforma byson. Pengaplikasiannya pun cukup mudah, semua tinggal pasang atau bahasa gaulnya PLUG and PLAY. Menambah peforma byson dengan cara ini bisa disebut korek harian. kenapa kok memilih korek harian ? alasannya ada diakhir posting.
Oke langsung saja bahas intinya (panjang banget pembukanya).
Berikut dibawah part penambah tenaga yamaha byson.

KNALPOT/MUFFLER


knalpot i one model R9 yamaha byson
Part yang satu ini memang berpengaruh besar dalam tenaga motor. Banyaknya lekukan dan sekat-sekat pada knalpot membuat gas buang tidak terbuang sempurna alias terhambat ! Maka knalpot ber-tipe free flow/ minim lekukan dan hambatan patut dijejalkan pada motor byson. Alhasil gas buang bisa lancar.
kisaran 400rb

PENGAPIAN – CDI


CDI BRT Dualband
Limiter yang kini ada di setiap CDI motor baru termasuk byson dituding menjadi salah satu penyebab kurang GRENG nya akselerasi byson. Obatnya adalah pemakaian CDI no limit seperti BRT atau Rextor. RPM max byson standart kisaran 9500 kini bisa mencapai 12000. Tentu hal ini top speed bisa semakin tercapai.
kisaran 500rb

PENGAPIAN – KOIL


koil yz125
Seperti sejoli, CDI diganti, koil pun juga harus diganti. Koil standart bawaan yang sudah disesuaikan dengan CDI standart sepatutnya juga replace dengan Koil yang lebih mumpuni guna penyalur listrik ke busi, sehingga pembakaran bisa sempurna. Bisa pakai Koil milik motor DEWA, si YZ125. Tegangan listrik mampu disalurkan secara sempurna dengan koil YZ125.
kisaran 450rb

KARBURATOR


karbu racing keihin pe28
Dengan step diatas tentu membutuhkan suplai bahan bakar yang cukup besar. Karbu standart byson yang bertipe vacuum dirasa kurang mampu memegang peranan tersebut. Posisi tersebut bisa digantikan dengan Karbu Racing Sekelas PE28 Keihin.
kisaran 800rb ori, 200rb kw.
Setelah pengaplikasian part-part diatas selesai, bisa dipastikan tenaga, akselerasi dan peforma byson meningkat.  kini tiba saatnya untuk mencoba tenaga baru yang ada di byson . . .
Korek Harian banyak dipilih oleh speedgoers/penunggang motor karena masih enak untuk dipakai harian. Budget yang dikeluarkan pun sedikit lebih hemat jika dibandingkan dengan dongkrak peforma byson dengan cara bore-up. Alasan lain yang jadi pertimbangan cukup pelak adalah korek harian tidak sampai merusak/membuka mesin. Berbeda dengan bore-up yang bisa jadi harus bor sana sini. jadi intinya si rider masih eman dengan motornya :)
Berikut rincian biaya kohar (korek harian) byson :
  • Knalpot : 400.ooo
  • CDI : 450.000
  • Koil : 450.000
  • Karburator : 800rb
TOTAL : 2.100.000
belum biaya pemasangan/bengkel.

Sumber : http://masdoe.com/korek-harian-peforma-yamaha-byson.htm

Comments